Senin, 11 Februari 2013

CARA MEMBUAT PERKEDEL TALAS/KELADI

Kita sudah tahu bahwa semua orang pastinya kenal dengan makanan satu ini, ya Perkedel.Namun kali ini saya akan kasih tau resep membuat perkedel dengan bahan dasar Keladi. Nah keladi yang saya pake ini kalau di tempat tinggal saya mereka menyebutnya Entik, gak tau asal katanya dari mana,namun setelah saya cari di google ternyata talas satoimo (talas jepang) ni dia.

Dah tau kan sob, nah sekarang langsung saja kita mulai membuat perkedelnya.

Bahan :
1 kg keladi sataimo
4 butir telur ayam 

Bumbu :
1/2 ons cabe merah ( secukupnya )
bawang merah 8 siung
bawang putih 4 siung
daun sop secukupnya,
penyedap rasa 

cara membuat :

Pertama rebus keladi dengan api besar, biar cepat matang. Sambil menunggu keladi matang giling ( blender ) cabe, bawang merah, bawang putih sampai halus. Kemudian kocok ke 4 telur untuk lumuran berkedel nanti yang akan di goreng, dan jangan lupa iris daun sop hingga halus.
Setelah keladi matang kupas kulitnya, tumbuk dengan lumpang atau bisa menghancurkan dengan menggunakan gelas, jangan sampai dingin karena akan susah untuk menghaluskannya, setelah sudah rata halusnya masukkan bumbu yang sudah digiling tadi, tambahkan daun sop iris dan penyedap rasa bila perlu hingga rata.
Panaskan minyak goreng dengan suhu sedang, sambil menunggu api panas, buat adonan berbentuk bulat - bulat kecil dan celupakan dengan telur kemudian goreng hingga warna kecoklatan, setelah selesai susun di tempat yang kering,
selesai deh, selamat mencoba....
:)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar